Sunday, April 21, 2013

Asal Usul Pempek




Kalian tau nggak tentang asal usul pempek di Palembang ?

Hampir di seluruh pelosok Palembang tersedia kios, restoran atau warung yang menyajikan pempek khas yang lezat. Namun tak banyak orang yang tahu darimana pempek itu berasal. Penasaran?

yuk kita intip artikel ini : 10 Ulu, Tempat Asal Mula Pempek Palembang - Detikcom

10 Ulu, Tempat Asal Mula Pempek Palembang 

 Oleh: Harpin Rivai - d'Traveler, Jum'at, 01/03/2013 12:25:00 WIB

Traveling saya kali ini mengunjungi Palembang, Sumatera Selatan. Oleh Bapak Sutanto, dosen Teknik Universitas Sriwijaya, kami diajak ke rumah masa kecilnya di 10 Ulu Palembang. Daerah ini merupakan tempat asal mula Pempek Palembang yang sangat lezat itu.

"Di masa lalu, 10 Ulu adalah daerah Pecinan. Banyak kelenteng berdiri di sini, yang paling dikenal adalah klenteng Kwam Im atau kini dikenal sebagai Vihara Chandra Nadi," kata Pak Sutanto.
Nah, asal mula pempek dari daerah ini. Konon, ada apek-apek (bapak tua) yang kreatif, memodifikasi bakso ikan menjadi bentuk lain yang dimakan dengan cuko. Apek itu berjualan keliling di 10 Ulu dengan memakai keranjang rotan. Dagangannya laris, tiap kali orang menunggunya lewat dan memanggil Apek! Ada juga yang memanggilnya Mpek! Lama-lama jadilah kata Pempek, hahaha.. ujarnya sambil terkekeh.

Karena laris, akhirnya banyak yang meniru dan menjualnya. Jadilah pempek makanan khas Palembang.
Pempek Palembang yang terkenal kan dari 10 Ulu ini. Dulu berderet orang menjualnya di sini, tutur Bapak Sutanto menunjuk deretan rumah kayu di samping kelenteng Chandra Nadi.

No comments:

Post a Comment